violence

awalnya saya mengira violence adalah bentuk perubahan kata dari violet, hihihihi... ternyata awalnya sesuatu yg saya kira romantis ternyata berkebalikan.. yang satu ini adalah kekerasan!

soal kekerasan kemarin ada teman yg tidak sepakat kalo makassar itu keras, yah.. tentu saja dalam hal ini yg di maksudkan adalah kekerasan perspektif pemerintah..
sejarah kita sudah sangat kental dengan kekerasan, nenek moyang kita dapat bertahan dari kerasnya alam.. dan sampai kekerasan itu sendiri telah melakukan berbagai bentuk transformasi..dimulai dari kekerasan kultural, struktural dan kekerasan langsung..

biasanya kekerasan kultural ini yang mendalangi kekerasan struktural dan kekerasan langsung..
karena kasus ini sudah terjadi turun temurun, sampai2 sudah ada beberapa wilayah yg dicaplok sebagai daerah keras.. nah, seperti makassar ini contohnya.. hihihi...

meminjam hasil penelitian Henk Schulte-Nordholdt(2002), bahwa kekerasan itu sangat besar berawal dari kekerasan negara secara struktural yang melahirkan kekerasan langsung.. yang seperti ini di sebut spiral of fiolence, sebagai akibat daripenindasan atas diri pribadi maka kekerasan itu adalah wajib hukumnya...

tinggal bangaimana meramu kekerasan ini menjadi sebuah senjata yang juga di pakai untuk melawan kekerasan itu sendiri

0 komentar:

Posting Komentar